Windows 7 vs Snow Leopard

Microsoft dan Apple adalah dua perusahaan yang saling bersaing dalam bidang teknologi, baik dalam dunia OS (Operating System) komputer, program-program dan gadget-gadget, serta smartphone. Tiap perusahaan memiliki ciri khas serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kali ini, idtechreview akan membahas tentang OS terbaru dari masing-masing perusahaan tersebut.

Dimulai dari microsoft, OS terbaru yang dikeluarkan Microsoft adalah Windows7, dimana versi paling pertama dari OS ini dirilis kepada publik pada bulan Oktober tahun 2009 untuk menggantikan OS sebelumnya, Windows Vista. Tidak seperti pendahulunya, Windows7 tidak terlalu banyak memperkenalkan fitur-fitur baru, melainkan lebih berfokus kepada pengembangan dasar Windows agar lebih kompatibel terhadap aplikasi dan hardware yang kompatibel dengan Windows Vista.
Pada presentasinya pada tahun 2008 tentang Windows7, Microsoft menjelasakan bahwa Windows7 akan lebih fokus kepada dukungan multi-touch pada layar,desain ulang taskbar yang sekarang disebut superbar, sistem jaringan rumahan yang bernama homegroup, serta peningkatan perfoma. Namun, ada beberapa aplikasi yang tidak disertakan oleh Microsoft dalam Windows7, seperti Windows Movie Maker, Windows Mail, dsb. Tetapi, aplikasi-aplikasi ini ditawarkan oleh microsoft secara gratis sebagai bagian dari paket Windows Live Essentials.
Sedangkan dari Apple, OS terbaru yang diluncurkan adalah Mac OS X 10.6 dengan kode “Snow Leopard”. OS ini dirilis untuk menggantikan O.S terdahulunya, Mac OS X 10.5  dengan kode “Leopard”. OS X 10.6 ini sendiri dirilis pada bulan Juni tahun 2009. Mac OS X menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan menyangka bahwa OS ini termasuk dalam keluarga Unix, padahal sebenarnya tidak. Keunggulan dari OS ini terletak pada keindahan tampilannya, sehingga menjadikannya sebagai contoh bagi developer OS lain.
Snow Leopard memiliki processing speed yang jauh lebih cepat dari Leopard. Selain itu, hampir semua aplikasi sudah berjalan pada 64-bit dan terdapat fitur pengecekan otomatis terhadap kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi. OS Snow Leopard ini juga mengalami penyempurnaan dalam Dock-nya atau dalam istilah windows disebut juga dengan taskbar, serta pengunaan memory yang lebih sedikit dari Leopard. Proses instalasi yang dilalukan oleh Snow Leopard pun jauh lebih praktis dan membutuhkan waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan Leopard. Secara garis besar, Snow Leopard umumnya jauh lebih baik dibandingkan dengan Leopard.
Dan sekarang, kita akan masuk ke segmen Windows7 VS Snow Leopard,dimana idtechreview akan mencoba membahas dan membandingkan kelebihan-kelebihan dan kekurangan-kekurangan dari masing-masing OS, sehingga anda dapat menentukan OS mana yang akan digunakan.
Sebagai perbandingan awal, Windows7 dapat diinstall hampir di setiap komputer, bahkan dalam sebuah Macbook sekalipun, sedangkan Snow Leopard tidak dapat diinstall di komputer lainnya, hanya komputer/notebook hasil produksi Apple seperti macbook,dll yang bisa menggunakannya. Perbedaan-perbedaan yang lebih spesifik akan dibahas sebagai berikut:
-Harga dan Kemudahan Mendapatkannya
Snow Leopard keluar bulan Juni tahun 2009 dengan harga US$ 29 jika didalam mac anda sudah terinstall OS leopard dan US$ 169 (sepaket dengan iLife’09 dan iWork’09) jika didalam Mac anda terinstall OS yang lebih lama dari Leopard. Sedangkan Windows7 dirilis bulan Oktober tahun 2009 dengan harga US$ 119 untuk Windows7 Home Premium dan US$ 198 untuk Windows7 Professional.
-Kebutuhan Hard Disk Space
Kebutuhan hard disk space minimum untuk Snow Leopard adalah 5GB, sedangkan Windows7 membutuhkan sedikitnya 16GB untuk versi 32-bit dan 20GB untuk versi 64-bit. Disini terlihat jelas bahwa Snow Leopard memang lebih unggul dalam meminimalisir pengunaaan hard disk space.
-Web Browser
Seperti kita ketahui,masing-masing OS memiliki web browser unggulannya dimana Windows menggunakan Internet Explorer, sedangkan Apple menggunakan Safari. Jika dilihat sekilas, memang tidak terlihat perbedaan yang signifikan, namun sebenarnya Safari lebih unggul dalam penggunaan JavaScript dibandingkan Internet Explorer, dimana hal ini sangat berpengaruh untuk menjalankan aplikasi-aplikasi yang terdapat di suatu website.
-Media Player
Windows menggunakan Windows Media Player, sedangkan Apple menggunakan iTunes. Windows Media Player pada Windows7 dapat memainkan bermacam-macam format video dan memilki bermacam-macam fitur baru.iTunes yang tidak mau kalah juga mensupport format video yang terbaru, namun sayangnya iTunes membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dibuka dibandingkan dengan Windows Media Player.
Baik Windows7 maupun Snow Leopard telah didesain untuk menjadi lebih cepat, lebih kuat, lebih user-friendly, dan tentunya lebih stabil dibandingkan dengan OS terdahulunya. Bagi anda yang membutuhkan OS yang user-friendly dan simpel pengunaannya, idtechreview menyarankan anda untuk menggunakan Windows7, namun bagi anda yang membutuhkan OS dengan tampilan yang indah dan kualitas grafik yang tinggi, gunakanlah Snow Leopard. Sebenarnya, masih banyak pertimbangan yang harus dipikirkan untuk menggunakan Windows7 atau Snow Leopard.Tapi yang pasti, tidak ada salahnya anda mengupgrade OS anda sekarang menjadi salah satu dari dua OS diatas.
Comments
0 Comments

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Kesediaannya untuk Berkomentar pada Blog ini. Saya Sangat menghargai Setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik sekiranya dapat Membangun Blog ini Agar Lebih Baik Lagi Kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar berbau unsur:
- Sara
- No Spam !!! [banyak sobat berkomentar di blog ini yang dianggap Spam, jadi maaf jika ada pesan sobat yang tdk dibalas / tdk Muncul]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat.