cara buat daftar isi otomatis - Daftar isi merupakan hal yang wajib dilampirkan pada saat kalian membuat sebuah makalah, skripsi ataupun tugas akhir. hal ini berfungsi untuk memberikan informasi dan mempercepat pencarian garis-garis besar atau inti-inti pembahasan pada dokumen tersebut. karena daftar isi menampilkan dimana atau halaman berapa judul, sub judul dan sub-sub judul dari pembahasan makalah, skripsi atau dokumen kalian. makadaftar isi otomatis ini dibuat setelah semua isi makalah sudah selesai.
Namun yg selalu sebagai kendala waktu membuat sebuah daftar isi yaitu menyinkronkan antara nomor laman dokumen dengan pembahasannya, apalagi ketika makalah atau skripsi direvisi, adalah lampiran daftar isi pun harus dirubah apabila ada penambahan materi ataupun pengurangan materi. Hal inilah yg terkadang terlewatkan dalam waktu kita melakukan revisi, perubahan nomor laman biasanya terlupakan. Lantaran kalian wajib memperhatikan kembali perubahan angka laman tadi.
Untuk menanggulangi hal ini, maka admin akan memberikan sedikit tutorialbagaimana cara buat daftar isi otomatis ini. jadi sistem kerjanya akan secara otomatis membaca pokok-pokok permasalahan serta nomor halaman pokok permasalahan tersebut, karena bersifat otomatis maka daftar isi ini akan secara otomatis menampilkan semua judul dan sub judul yang kalian sudah tandai, dan apabila ada revisi atau perubahan isi materi kalian tidak perlu mengetikkan kembali dan mengedit seluruh daftar isi tersebut.
Seperti pada artikel sebelumnya yaitu : Cara membuat perhitungan otomatis di Ms. Word 2007 . Metode ini baik digunakan pada saat kalian menyusun sebuah skripsi, dimana kita semua tahu saat penyusunan sebuah skripsi maka akan melewati masa revisi-revisi untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal. dengan menggunakan metode ini maka daftar isi akan secara otomatis mengikuti perubahan perubahan/ revisi halaman isi dari skripsi atau makalah.
Cara ini menggunakan menu table of content, keunggulan dari metode ini yaitu kalian tidak perlu mengetik daftar isi sehingga cukup menghemat waktu. begitupun pada saat adanya revisi.
Setiap makalah atau skripsi niscaya mempunyai judul misalnya BAB I, BAB II dst, sub judul (1.1, 1.2 atau A, B dst) dan sub dari subjudul tersebut (1.1.1, 1.1.2 dst), menurut struktur tersebut diatas yg akan dijadikan kunci primer bagaimana cara buat daftar isi otomatis menggunakan table of content.
Penjelasan :
Judul (BAB) => level 1
Sub Judul (1.1,1.2 dst) => level 2
Sub-sub judul (1.1.1, 1.1.2, dst) => level 3
Perhatikan penjelasan diatas Dengan model gambar misalnya dibawah ini.
Jika kalian sudah paham mengenai penjelasan tersebut, maka sekarang kita langsung ke cara buat daftar isi otomatis di Ms. Word.
Cara buat daftar isi secara otomatis pada ms word 2007
- Blog semua teks Judul, kemudian pergi ke tabReference.
- Klik tombolAdd Text, kemudian pilih tombollevel 1(Karena teks ini merupakan judul dari pembahasan skripsi atau makalah). Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.
- Berikutnya lakukan kembali hal seperti diatas, blog teks yang merupakan sub judul kalian, kemudian pergi ke tabReference. setelah itu klik tombolAdd Text dan pilihlevel 2(Karena ini adalah sub judul atau turunan dari judul).
- Lakukan hal tersbut untuk sub-sub judul yang ada di makalah atau skripsi kalian & sinkron kan sebagai level-level berikutnya.
- Jika semuanya judul dan sub-sub judul sudah di Add level maka letakkan kursor di halaman kosong untuk pembuatan daftar isi, kemudian pergi ke tabReference, dan klik tombolTable of Content kemudian pilih / klikAutomatic Table 1.
- Maka semua judul dan sub-sub judul yg sudah kalian Add level tadi akan otomatis menciptakan sebuah daftar isi seperti gambar dibawah.
Bagaimana? Sekarang membuat sebuah daftar isi sangat mudah bukan? dengan menggunakan metode ini maka admin jamin akan menghemat waktu kalian dalam pengerjaan makalah atau skripsi. karenadaftar isi otomatis ini langsung menampilkan tanpa harus diketik lagi.
Satu lagi yg Admin hampir lupa, seperti yang admin bahasakan diawal, bila kalian ada revisi atau perubahan baik itu penambahan atau pengurangan Judul & sub-sub judul, ataupun perubahan nomor page makalah / skripsi. Kalian cukup melakukan langkah dibawah ini.
Cara Revisi daftar isi otomatis menggunakan table of content
Klik pada daftar isi tersebut, kemudian pergi ke tabReference, kemudian klikUpdate table, maka akan mucul jendela kecil pilihan perubahan yang terdiri dari :
- Update Page Number Only; Untuk mengupdate perubahan nomor halaman makalah / skripsi
- Update Entrie table; Untuk mengupdate perubahan / penambahan atau pengurangan Judul dan sub-sub judul makalah / skripsi
Kemudian PilihOK untuk menerapkan perubahan, atau kalian cukup klik kanan pada daftar isi dan pilihUpdate table.
Demikian sedikittutorial cara buat daftar isi otomatis di MS. Word 2007, semoga metode ini dapat membantu kalian, silahkan tinggalkan komentar di bawah jika ada hal mengenai artikel ini yang belum kalian pahami. Terima kasih