Cara Mengatasi, Agar Baterai Laptop Kamu Tidak Mudah Bocor dan Rusak

Cara Mengatasi, Agar Baterai Laptop Kamu Tidak Praktis Bocor dan Rusak

Posted by Elliot Mayot

Thursday, March 26, 2020

Perawatan merupakan galat satu hal penting yang dilakukan pada semua barang, bahkan diri kita sendiri. Termasuk laptop kita. Ya, laptop yang mempunyai kualitas indah bukan hanya sekedar mempunyai spesifikasi yg gahar, namun jua dapat ditinjau cara kita merawatnya. Dan pada artikel kali ini kita akan membahas bagaimana caranya untuk membuat laptop permanen awet. Pertama kita akan membahas perawatan baterai laptop agar tidak mudah bocor, atau seenggaknya bisa bertahan usang. Bagaimana sih caranya ?

Cara Mengatasi, Agar Baterai Laptop Kamu Tidak Praktis Bocor dan Rusak

Oke Cuy jumpa lagi menggunakan saya ElliotMayot di elliotmayot.Blogspot.Com. Bagi kalian yang baru tiba, elliotmayot.Blogspot.Com adalah blog yg berisi tentang Komputer, Laptop, Trik & Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yg sedang butuh fakta dan tutorial datanglah ke elliotmayot.Blogspot.Com lantaran anda akan menemukan poly ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Sebelum kita membahas lebih jauh, aku akan membuat disclaimer bahwa tips-tips ini merupakan menurut pengalaman langsung aku selama mempunyai laptop, jadi tips-tips ini menurut pendapat pribadi yang telah dikombinasikan dengan pendapat menurut sumber-sumber terpercaya. Oke pribadi saja kita bahas satu persatu, apa saja sih yg bikin baterai laptop kita mudah bocor atau tidak awet ? Dan bagaimana sih caranya agar baterai laptop kita tidak mudah bocor?

Yang pertama yaitu tidak mencabut baterai laptop saat kita akan menggunakan laptop sembari dicharge. Kebanyakan orang yg aku lihat, waktu mereka bermain laptop sembari dicharge, mereka melepaskan baterai dari laptopnya. Saya dulu juga begitu tetapi sehabis tau hal tadi tidak dibenarkan maka saya pun nir pernah melakukannya lagi. Tindakan tersebut nir dibenarkan karena baterai laptop kini sudah memakai baterai berjenis Lithium atau Liion yang mempunyai circuit buat over charging protection.

Over charging protection ini berguna untuk menghentikan pengisian daya ketika baterai laptop telah 100%. Jadi sebenarnya aman-kondusif saja apabila kita bermain laptop sembari dicharge. Lagian buat memaksimalkan performa laptop, apalagi laptop gaming merupakan dengan memainkannya sembari dicharge. Tetapi buat laptop-laptop yang berjenis non gaming yang dipakai buat melakukan pekerjaan usahakan bubut saja chargernya jika sudah penuh dan colok lagi bila sudah hampir habis.

Ngelanjutin yg pada atas, kapan sih kita harus mencolokan charger ke laptop kita ? Apakah wajib menunggu sampai 0% ? Jawabannya adalah kita wajib mengecharge laptop kita apabila baterai sudah mencapai 20% atau paling sedikit 15%. Kenapa begitu ? Karena baterai laptop berjenis Lithium ini nir dibenarkan berada pada keadaan 0%. Dan sebenarnya kita pula tidak mengecharge baterai apapun yang berjenis Lithium ini berdasarkan 0% - 100%.

Sebenarnya hal tersebut telah pasti diketahui semua manusia pada dunia yang memiliki barang elektronika, namun kebanyakan masih melupakannya. Dan membiarkan baterai laptop pada keadaan 0%, apalagi dalam ketika yang usang. Biasa ini terjadi pada orang yang memiliki laptop lebih menurut satu. Jadi sebaiknya kalian lebih baik mengecek setiap hari buat memastikan baterai laptop kalian nir kurang berdasarkan 15%.

Dan tips yg terakhir adalah nir membiarkan laptop berada pada tempat dengan suhu diatas suhu ruangan & nir membiarkan suhu laptop diatas normal. Tempat-tempat tersebut contohnya pada dalam mobil yang sedang terparkir pada siang hari dan terkena sinar matahari eksklusif. Dan untuk suhu normal laptop sebenarnya berbeda-beda tetapi buat batasan saja suhu laptop usahakan jangan dibiarkan di atas 70 derajat.

Sebenarnya buat menjaga suhu laptop tetap rendah dan stabil itu gampang. Yaitu menggunakan tidak menggunakan laptop pada atas bahan yg empuk misalnya sofa dan kasur. Sangat dianjurkan buat menggunakan laptop pada atas bahan yg keras seperti meja. Dan buat mendapatkan suhu yg lebih rendah dan stabil kita mampu memakai laptop di atas meja dan di dalam ruangan ber-AC. Atau paling ngga ruangan yang adem lah & pastikan laptop tidak terpapar sinar matahari langsung.

Jadi kesimpulannya merupakan, sebenarnya buat menjaga baterai permanen awet dan nir mudah bocor itu sangat mudah. Tinggal kaliannya saja mau repot sedikit atau tidak. Walaupun kalian contohnya memiliki poly uang dan jika baterai laptop rusak tinggal diganti, itu ngga papa. Tetapi apa salahnya kita merawat laptop sendiri. Lagian sangat gampang kok merawatnya. Setelah baterai, next artikel insya Allah aku akan membahas perawatan dibagian softwarenya.

Oke itulah artikel dari ElliotMayot yang berjudul Cara Mengatasi, Agar Baterai Laptop Kamu Tidak Praktis Bocor dan Rusak.  Buat kalian yang mau artikel-artikel menarik dan informatif lain dari ElliotMayot silahkan share artikel ini agar ElliotMayot lebih sering dan semangat lagi dalam membuat artikel. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, matur suwun and bai-bai.

Cara Mengatasi, Agar Baterai Laptop Kamu Tidak Praktis Bocor dan Rusak

4/ 5

Ditulis Elliot Mayot

Comments
0 Comments

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Kesediaannya untuk Berkomentar pada Blog ini. Saya Sangat menghargai Setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik sekiranya dapat Membangun Blog ini Agar Lebih Baik Lagi Kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar berbau unsur:
- Sara
- No Spam !!! [banyak sobat berkomentar di blog ini yang dianggap Spam, jadi maaf jika ada pesan sobat yang tdk dibalas / tdk Muncul]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat.