Lebih Murah tetapi Lebih Kenceng, Review Asus RX 5700XT TUF Gaming

Lebih Murah namun Lebih Kenceng, Review Asus RX 5700XT TUF Gaming

Posted by Elliot Mayot

Saturday, January 25, 2020

Setelah kemarin kita telah membahas VGA TUF Gaming yang Hijau, maka kini gilirannya VGA TUF Gaming menurut tim merah. Yaitu Asus Radeon RX 5700XT TUF Gaming. VGA ini adalah galat satu line-up terbaru yg dimuntahkan AMD untuk menghadapi pesaingnya yaitu Nvidia dengan VGA RTXnya. Seharusnya secara harga, Radeon RX 5700XT ini bersaing dengan RTX 2060. Namun secara performa, Radeon RX 5700XT bisa ngelewatin RTX 2070.

Lebih Murah namun Lebih Kenceng, Review Asus RX 5700XT TUF Gaming

Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot pada elliotmayot.Blogspot.Com. Bagi kalian yg baru tiba, elliotmayot.Blogspot.Com adalah blog yang berisi mengenai Komputer, Laptop, Trik & Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yang sedang butuh informasi dan tutorial datanglah ke elliotmayot.Blogspot.Com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Desain packaging dari TUF Gaming kali ini relatif tidak selaras dengan RTX 2060 yg kemarin telah direview. Packagingnya lebih akbar, mungkin lantaran dimensi VGAnya jua lebih besar . Bukan hanya didominasi rona hitam, terdapat warna silver pada bagian sisi-sisinya. Dan selain itu, masih sama-sama menggunakan box-box VGA TUF Gaming lainnya. Jujur ini cukup ribet ketika diunboxing.

Setelah dibuka kita akan melihat VGA yang relatif tebal dan panjang. Mungkin karena heat sinknya yang tebal banget menggunakan fan open air misalnya biasa. Kalau dicermati-lihat, ternyata fan blade ini cukup gede-gede yah. Berbeda dengan beberapa VGA yg fan bladenya diperbanyak buat meminimalisir bunyi dari fan.

Nah, melihat ke struktur VGAnya ini cukup unik karena heat sinknya lebih tebal dibandingkan menggunakan casingnya. Dan dari gue VGA ini cita rasanya tidak cocok buat kalian yang ingin ngebuild mini ITX, kecuali kalian mampu memanage ruang didalam casingnya agar nir terlalu berdesakan.

Di bagian belakangnya terdapat port buat connectivity-nya sangat mengutamakan display port, dimana HDMI-nya hanya ada satu slot, sementara display portnya terdapat 3. Tetapi jangan kecewa, karena HDMI pada VGA ini sudah dua.0, jadi sanggup memberikan refresh rate lebih menurut 60 Hz.

Buat pengetesan kali ini, gue akan menggunakan processor AMD Ryzen 7 2700X, motherboard Asus X470 Prime Pro, cooling Corsair H200i, dan RAM 32 GB Corsair Vengeance yang gue clock di 3200 MHz. Dan dipengetesan kali ini gue pula akan membandingkan menggunakan Galax RTX 2070 (1-Click OC). Berikut adalah hasil berdasarkan pengetesannya pada gaming mode alias performa default.

Pas dicolok sih, VGAnya punya aksen rona LED yang manis, namun sayangnya ngga support Asus Aura. Oh iya buat nyalainnya, kalian butuh 8 6 power pin yah. Setelah mengetes beberapa game, gue cukup menemukan sesuatu yang mengganjal. Yaitu waktu dimainkan game-game Nvidia seperti Battlefield V, gue hanya mendapatkan rata-homogen 57 FPS. Itu mungkin lantaran game misalnya Battlefield V didesain buat dijalankan pada VGA-VGA Nvidia.

Fitur-fitur lain yang ada di Asus Radeon RX 5700X diantaranya, bisa ditweak lewat Asus GPU Tweak 2 yang  mempunyai dua profil yaitu OC Mode dan Gaming Mode. Namun sayangnya VGA ini tidak mempunyai fitur Zero RPM Fan, yang bisa kita gunakan ketika dalam keadaan idle atau lagi di desktop saja. Itu mungkin karena TUF tidak terlalu fokus banget dalam masalah efisiensi TDP. Selain VGA ini juga sudah ada sertifikasi water resistance.

Fitur selanjutnya yg tidak kalah menarik merupakan Freesync dua HDR. Tapi sayangnya monitor yg terdapat di sini belum support Freesync dua HDR. Namun jangan khawatir, jika kalian telah monitor yg sudah support Freesync, maka Freesync menurut VGA akan permanen kompatibel menggunakan monitornya walaupun belum Freesync 2.

Secara overall, Asus RX 5700XT TUF Gaming merupakan sebuah VGA yg cukup mewah. Bukan karena hardware yang punya backlight dan body yang solid, tapi pula lantaran software yg memiliki poly fitur-fitur misalnya VGA mewah lainnya. Kedepannya mungkin bisa dibubuhi koneksi USB type-C. Jadi VGA ini relatif recommended lah untuk kalian yang pada waktu dekat akan mengupgrade VGAnya lantaran lagi ada promo.

Harga per Tanggal 25 Januari 2020 Mulai dari
Rp 7.700.000

Oke itulah artikel dari ElliotMayot yang berjudul Lebih Murah namun Lebih Kenceng, Review Asus RX 5700XT TUF Gaming.  Buat kalian yang mau artikel-artikel menarik dan informatif lain dari ElliotMayot silahkan share artikel ini agar ElliotMayot lebih sering dan semangat lagi dalam membuat artikel. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, matur suwun and bai-bai.

Lebih Murah namun Lebih Kenceng, Review Asus RX 5700XT TUF Gaming

4/ 5

Ditulis Elliot Mayot

Comments
0 Comments

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Kesediaannya untuk Berkomentar pada Blog ini. Saya Sangat menghargai Setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik sekiranya dapat Membangun Blog ini Agar Lebih Baik Lagi Kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar berbau unsur:
- Sara
- No Spam !!! [banyak sobat berkomentar di blog ini yang dianggap Spam, jadi maaf jika ada pesan sobat yang tdk dibalas / tdk Muncul]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat.