Processor AMD Ryzen 5 3600X VS Intel Core i5 9600K, Mana yang Terbaik?

Processor AMD Ryzen lima 3600X VS Intel Core i5 9600K, Mana yang Terbaik?

Posted by Elliot Mayot

Wednesday, December 18, 2019

Ryzen 5 3600X adalah CPU generasi ketiga dari Ryzen yang berada di kelas menengah. Dengan harga yang jua terjangkau. Dari generasi sebelumnya, Ryzen lima merupakan pilihan terbaik buat pengguna mainstream, khususnya buat para gamer. Ryzen 5 sebelumnya pula sebagai CPU terlaris pada pasaran, mulai menurut Ryzen 5 1600, 1600X, 2400G, 2600, hingga Ryzen 5 2600X. Dan dalam kali ini Ryzen lima 3600X hadir menggunakan arsitektur terkini dari AMD menggunakan fabrikasi 7nm mereka yaitu Zen 2 Architecture. Apakah semua itu sanggup mendongkrak performa Ryzen 5 ini?

Processor AMD Ryzen lima 3600X VS Intel Core i5 9600K, Mana yang Terbaik?

Oke Cuy jumpa lagi dengan aku ElliotMayot di elliotmayot.Blogspot.Com. Bagi kalian yang baru tiba, elliotmayot.Blogspot.Com adalah blog yang berisi tentang Komputer, Laptop, Trik & Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yang sedang butuh fakta dan tutorial datanglah ke elliotmayot.Blogspot.Com karena anda akan menemukan poly ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Sebagai CPU Ryzen generasi ketiga, tentu Ryzen lima 3600X mempunyai karakteristik yang sama dengan arsitektur Zen dua yang lainnya. Zen 2 pada generasi ketiga ini singkatnya bertujuan buat mengimprove performa di bagian IPC yg akan berpengaruh ke performa single core, jua melakukan improvement pada bagian memory.

Sehingga kali ini sanggup memakai memory berkecepatan tinggi. Lalu adanya dukungan PCIe Express generasi keempat yang dimana ini pertama kali & baru banget ada di platformnya AMD.

AMD Ryzen 5 3600X mempunyai spesifikasi yang cukup menarik. Selain mempunyai 6 core dan 12 threads, CPU ini memiliki boost clock sampai 4,4 GHz dengan rating TDP 95 watt. Juga memiliki Total L3 Cache yang akbar, yaitu sebesar 32 MB. Namun perlu diingat bahwa CPU zaman sekarang, nomor boost clock & rating TDP yang diberikan nir mampu jadi acuan utuh buat kita seluruh.

AMD Ryzen 5 3600X pada paket penjualannya telah termasuk cooling bawaannya, wraith spire cooler. Wraith spire cooler sendiri merupakan cooling bawaan AMD Ryzen yang didesain buat CPU berTDP 95 watt. Nanti kita akan cek seberapa mampu cooling ini menunda panas berdasarkan Ryzen 5 3600X.

Ngga cuma itu, menjadi pembanding, ElliotMayot jua akan compare Ryzen lima 3600X ini menggunakan Intel Core i5 9600K, CPU Coffee Lake refresh yg mempunyai performa gaming terbaik berkat kemampuan IPCnya yg mampu boost hingga lima GHz. Alasan lain kenapa dicompare menggunakan Intel Core i5 9600K merupakan karena CPU ini sama-sama memiliki 6 core tetapi CPU ini tidak memiliki hyper threading.

Meskipun masih menggunakan fabrikasi 14nm, Intel Core i5 9600K masih sanggup kasih improvement sebesar ini. Bisa punya IPC yg rupawan, clock tinggi buat harian, dan jua sanggup jalanin memory kenceng.

Untuk platform yang kita pakai dalam pengujian kali ini sanggup kalian lihat pada pada gambar. Hanya tidak sinkron pada motherboard doang, yg sebenarnya kedua motherboard tersebut adalah motherboard yg hampir sama, hanya berbeda di socketnya saja. Dan gambar-gambar di bawah ini memuat seluruh hasil pengujian, yang sudah tertera keterangan di gambar masing-masing.

Oke, jadi kesimpulannya gimana? Untuk performance values, gue rasa Ryzen lima 3600X masih lebih unggul jika kita bandingkan menggunakan Intel Core i5 9600K, karena Ryzen 5 3600X ini banyak unggul pada majemuk aspek. Meskipun bila kita bicara soal gaming, kentara Intel Core i5 9600K itu masih sedikit lebih unggul.

Dan gue juga bisa bilang jika Intel Core i5 9600K merupakan CPU gaming yg relatif kenceng dan lumayan worth it buat kalian beli. Terutama buat kalian yang pengin penekanan gaming ataupun overclocking. Namun kemampuan multi core yg semakin kesini semakin diharapkan, emang membuat Ryzen 5 3600X ini absolut lebih baik.

Jika anda seorang enthusiast dan pengin rasain overclock menggunakan clock tinggi, atau disparitas sekian FPS pada game itu krusial buat anda, silahkan ambil Intel Core i5 9600K. Namun jika anda menginginkan performa out of the box, ngga mau pusing sama overclock, anda bisa pilih Ryzen 5 3600X.

Oke itulah artikel dari ElliotMayot yang berjudul Processor AMD Ryzen lima 3600X VS Intel Core i5 9600K, Mana yang Terbaik?  Buat kalian yang mau artikel-artikel menarik dan informatif lain dari ElliotMayot silahkan share artikel ini agar ElliotMayot lebih sering dan semangat lagi dalam membuat artikel. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, matur suwun and bai-bai.

Processor AMD Ryzen lima 3600X VS Intel Core i5 9600K, Mana yang Terbaik?

4/ 5

Ditulis Elliot Mayot

Comments
0 Comments

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Kesediaannya untuk Berkomentar pada Blog ini. Saya Sangat menghargai Setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik sekiranya dapat Membangun Blog ini Agar Lebih Baik Lagi Kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar berbau unsur:
- Sara
- No Spam !!! [banyak sobat berkomentar di blog ini yang dianggap Spam, jadi maaf jika ada pesan sobat yang tdk dibalas / tdk Muncul]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat.