Apa itu ACTA, dan Apa Bahaya ACTA ?

STOP ACTA
Beberapa waktu lalu kita para blogger digembor-gemborkan dengan RUU SOPA dan PIPA, yaitu Undang-undang yang mengatur tentang legalitas/Copyright. silahkan baca artikel terkait. Sekarang dunia internet kembali diguncang tentang peraturan yang tambah tidak masuk akal. Apa itu ? 

ACTA adalah sebuah ancaman baru setelah kontroversial RUU SOPA ditarik/dibatalkan. ACTA (Anti-Counterfeiting Trade Agreement) merupakan traktat kesepakatan yang sedang digagas sejumlah negara, yaitu Amerika Serikat, komunitas Eropa, Swiss, dan Jepang. Traktat ini juga melibatkan Australia, Republik Korea, Selandia Baru, Mexico, Jordania, Maroko, Singapura, Uni Emirat Aran, dan Kanada.



Apa bahayanya ACTA ? Beberapa orang telah menggambarkan bahaya ACTA kedalam video di situs Youtube. Adapula yang menggambarkan ACTA seperti ini, “ Misalnya Anda ikut kursus memasak, maka Anda dilarang menyebar informasi mengenai resep yang didapat di kursus itu. Jika Anda memberikan informasi mengenai resep yang Anda dapat di kursus itu ke istri Anda misalnya, maka Anda dan istri bisa terancam pidana yang diatur dalam ACTA di negara Anda tinggal.
Tapi bagaimana jika Anda tinggal sendirian? Untuk memastikan informasi resep itu tidak tersebar, maka ACTA memungkinkan pengawasan terhadap Anda, bahkan keluarga, yang jelas mengancam privasi individu.
Jika ACTA diterapkan ke dalam Internet, maka ACTA akan memaksa tiap-tiap penyedia ISP/Layanan Internet untuk menjalankan peratura ACTA. Ya? ISP adalah sebagai pemantau kita, agar tidak terjadi pembajakan/penyebaran informasi illegal. Kalo kayak gini, internet ibarat penjara…!! ( Aneh-aneh aja nih RUU ).
Untuk saat ini belum diketahui kapan ACTA akan diterapkan di dunia, yang jelas ACTA akan banyak menimbulkan kerugian ( karena segala sesuatu pasti berkaitan dengan hak paten ). Untuk negara mulai berkembang jelas itu semakin merugikan, karena dapat membunuh ekonomi mereka.

Anti ACTA ? silahkan kunjungi www.stopacta.info/alertbox
Comments
0 Comments

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Kesediaannya untuk Berkomentar pada Blog ini. Saya Sangat menghargai Setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik sekiranya dapat Membangun Blog ini Agar Lebih Baik Lagi Kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar berbau unsur:
- Sara
- No Spam !!! [banyak sobat berkomentar di blog ini yang dianggap Spam, jadi maaf jika ada pesan sobat yang tdk dibalas / tdk Muncul]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat.