Cara mudah nge download file via Torrent








Mungkin agan2 pernah denger istilah ini di internet…
torrent download
Bagi agan2 yang masim awam di dunia maya, pasti bertanya-tanya khan? Torrent tu apaan siih? Nah… disini akan dibahas panjang lebar mengenai torrent tersebut. Yu mari…
Simak ilustrasi berikut ini! Mungkin agansendiri pernah ngalamin…
Suatu hari, agan pengen nyari film DVD (atau apalah….) di internet yang bisa didownload. Trus agan cari di Google. Disitu muncul tulisan2 ky gini: (Ini cuma contoh doank!!)

“Download free ‘blablabla Movie’ Torrent”

Trus kamu download. Tapi, agan kaget ternyata ukuran file yang kamu download tu kok kecil buangeet! Trus ekstensi filenya *.torrent lagi!! Dibukanya pake apa? Film DVDnya mana?
Nah…. itulah yang namanya file torrent. File torrent tu bukan file aslinya! Tapi, tu cuman file kecil yang isinya informasi darimana file aslinya bakal kamu dapetin. Coba deh kamu buka pake Notepad! Keliatan kan??
Trus cara dapetin file aslinya gimana??
Ya agan harus punya program torrent client nya dulu donk! Misalnya yang paling populer tu BitTorrent atau ╬╝Torrent. Tapi seiring berjalannya waktu, sekarang ada browser tertentu yg udah men-support file torrent lho!. Misalnya Opera. Jadi bagi agan yang pake Opera, ga usah repot-repot download program torrent client! Kalo pake browser yang satu ini, agan bisa langsung download file aslinya. Tapi Opera-nya harus versi 9.5 ke atas! Browser ini cepet lo! Enak dipake pula! Gratis lagi!! Kalo mau, download aj di situs resminya: www.opera.com (Eeh… Kok jadi promosi syih!!).
Apa bedanya download biasa sama download torrent??
Perbedaan yang paling mencolok tu terletak di cara downloadnya.. Khan kalo download biasa, kira-kira gini skemanya….



Perhatiin dech gambarnya!! Komputer-komputer client men-download file dari satu sumber aja(ISP). Iya kan? Coba bayangin deh kalo pada waktu yang sama, ada jutaan orang yang lagi download file itu. Ya pasti kecepatan downloadnya bakal lelet donk!! Semakin banyak yang download, semakin lelet dan lelet!!! Atau bahkan bikin crash!!! Sebaliknya, kalo yang download filenya sedikit orang, misalnya cuman 5 atau 10 orang aja atau bahkan sendirian… kecepatannya bisa selangiit!! (alaah…) Selain itu bandwith ISPnya tentu harus gede. Kalo kecil, nanti kecepatan downloadnya dikit… Misalnya nie, kalo aku download file dari situs Microsoft, kecepatannya bisa sampai 100 KB/s atau 800 kbps. (Ingat rumusnya!! 1 KB = 8 kbps) Sedangkan dari Ziddu, kecepatannya sekitar 25 KB/s atau 200 kbps. (Aku pake Speedy paket Personal)
Kenapa kok beda ya?? Tu karena (mungkin) kapasitas bandwithnya yang beda (situs Microsoft bandwith-nya lebih gede).
Sekarang, kita bandingin sama cara kerja torrent…. Yu mari…



Wuiih!! Buanyak bangeet panahnya!! Ya itulah cara kerja download via torrent. Torrent memanfaatkan kapasitas upload dari para pendownload yang jarang digunakan. Jadi, sembari kamu download file, kamu juga sekaligus mengupload file buat komputer lain… Tentu aja ini nguntungin ISP karena bebannya berkurang. Iyakan?? Eitsss… tapi bukan cuma ISP aza yang untung, kita yang ngedownload juga untung. Soalnya kecepatan downloadnya cepet banget…
Nah…. ini nie yang bikin download via torrent lebih cepat daripada download biasa… (Bayangin deh. Kalo dipikir secara logika, ngambil dari banyak sumber lebih cepet dari satu sumber aja. Betul???)
Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan download file via Torrent:

  1. Kecepatan koneksi internet kamu!!!
  2. Jumlah orang yang lagi download file. (Sering disebut Peer atau Leacher)
  3. Jumlah orang yang lagi upload file. (Sering disebut Seed atau Seeder)
Cara download file via Torrent:

  1. Kamu harus dapet file torrent-nya dulu. Caranya, kamu bisa minta bantuan sama Om Google. Atau, pake cara aku aja. Aku suka pake “Search Engine” khusus untuk mencari file torrent di internet. Kunjungi aja: scrapetorrent.com. Lalu search disitu…
  2. Disitu ada istilah Seed dan Leacher. Seed nunjukin berapa jumlah orang yang lagi upload file itu, sedangkan Leacher nunjukin berapa jumlah orang yang lagi download file itu. (TIPS DARI SAYA!!! Kalo pengen kecepatan downloadnya tinggi, pilih torrent yang Seed-nya setinggi mungkin dan Leacher-nya serendah mungkin. Misalnya Seed: 28 Leacher:5 lebih baik daripada Seed:231 Leacher:690).
  3. Trus, download torrent nya!!
  4. Jalanin program Bittorent. Kalo ga punya, download aja di situs resminya: www.bittorrent.com
  5. Then.. download file aslinya pake Bittorrent. Downloadlah dengan sabar!! Soalnya di detik-detik pertama, emang downloadnya rada lambat. Tapi, setelah beberapa lama, kecepatan downloadnya bisa selangit. (Alaaah…)
  6. Setelah selesai download, kamu juga harus meng-upload filenya sampe 100%. Jangan rakus!! Kamu juga harus ngasih ke orang lain!!!
CATATAN:

Kalo kamu browser Opera v9.5 ke atas, kamu ga perlu install Bittorrent. File aslinya akan di download secara otomatis setelah file torrent di download.

Kalo kamu punya FlashGet 1.9.5, kamu ga perlu install Bittorent karena FlashGet 1.9.5 juga mensupport file torrent.

File-file yang bisa di download via torrent sangat lengkap. Mulai dari film DVD, software-software gede, game-game gede, dan tektek bengek lainnya. Dan semua itu, GRATISS!!! Aku juga pernah mendownload Installer Windows XP dan Microsoft Office via torrent lho!! Kecepatannya juga… wuihh!! Jangan ditanya lagi deh…. Selamat ber-download ria via Torrent!!!!!
jangan Lupa jempolnya ya gan !!!
Comments
9 Comments

9 komentar

wah infonya sangat berguna dan lengkap bgt sob, kadang saya merasa kesulitan untuk download file .torrent. sekali lagi makasi sob

Nice info gan ...

Greet Posting ... Buddy...
Pleas Visit and follow my Blog...
I follow you back :D

Thanks in Advance

sangat berguna

thanks atas infonya

mantap banget infonya gan

makasih buat infonya gan

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Kesediaannya untuk Berkomentar pada Blog ini. Saya Sangat menghargai Setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik sekiranya dapat Membangun Blog ini Agar Lebih Baik Lagi Kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar berbau unsur:
- Sara
- No Spam !!! [banyak sobat berkomentar di blog ini yang dianggap Spam, jadi maaf jika ada pesan sobat yang tdk dibalas / tdk Muncul]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat.