Apa itu CAT, SKD, SKB, TWK, TIU, dan TKP dalam seleksi CPNS 2019

Seleksi cpns 2019, pns 2019, soal cpns 2019

CAT, SKD, SKB, TWK, TIU, dan TKP pada seleksi CPNS 2019

Seleksi CPNS 2019 - Dalam alur seleksi CPNS, kita sering mendengar istilah sistem CAT, Seleksi SKD dan SKB, Soal TWK, soal TIU dan soal TKP. Pada kesempatan ini, admin akan membahas sedikit mengenai pengertian dan apa itu CAT, SKD, SKB, TIU dan TKP dalam proses seleksi CPNS 2019. Berdasarkan info dari kepala biro humas BKN, Bahwa akan diadakannya seleksi penerimaan CPNS tahun 2019 pada bulan oktober ini. mengingat waktu seleksi CPNS 2019 ini masih lama, ada baiknya kita sedikit membahas tentang materi sistem seleksi CPNS 2019 sebelum masuk ke materi soal CPNS 2019. pada seleksi CPNS 2019.

Seperti pada 2018 BKN selaku kepala tim pelaksana seleksi CPNS menggunakan sistem CAT dalam melakukan seleksi PNS tersebut,

apa itu sistem CAT?. CAT merupakan singkatan dari Computer Assisted Test, yg ialah metode seleksi ini dilakukan menggunakan memakai indera bantu personal komputer buat mendapatkan nilai standart minimal bagi pelamar CPNS.

Mengapa CAT? Lantaran BKN menjamin output yg diperoleh peserta ujian bisa diketahui secara eksklusif tanpa perlu menunggu lama , nilai eksklusif tertera dalam ketika peserta terselesaikan melakukan seleksi tersebut. Selain itu, proses seleksi menggunakan metode CAT diyakini pula bisa dipantau sang semua pihak, konvoi nilai berdasarkan awal sampai selesai dapat diikuti.

Seleksi CPNS dengan sistem CAT ini dilakukan menggunakan 2 tahapan, yaitu Seleksi Kompetensi Dasar atau SKD & Seleksi Kompetensi Bidang atau SKB, Kedua tahapan ini memakai sistem CAT yg diyakini mampu menaruh output yang baik dan akurat serta dapat berhemat ketika. Pertanyaan berikutnya, apa itu SKD dan SKB?

SKD atau Seleksi Kompetensi Dasar merupakan proses seleksi dimana penilain hasil berdasarkan kemampuan dan karakteristik dalam diri seseorang berupa pengetahuan, keterampilan, dan konduite yang menjadi karakteristik-ciri seseorang PNS.

Seleksi Kompetnsi Dasar (SKD) ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :

1. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK); yang bertujuan untuk mengtahui sejauh mana pengetahuan & kemampuan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengimplementasikan nilai-nilai pilar kebangsaan indonesia, yg mencakup :

- Materi tentang Pancasila

- Materi mengenai UUD 1945

- Materi mengenai Bhineka Tunggal Ika, dan

- Materi tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia yg terdiri berdasarkan sistem tata negara indonesi, sejarah usaha bangsa, peranan bangsa indonesia dalam tatanan nasional & kemampuan berbahasa indonesia yg baik & benar.

Dua. Tes Intelegensia Umum (TIU); TIU sendiri dimaksud untuk menilai beberapa point diantaranya :

- Kemampuan verbal; kemapuan pada membicarakan sesuatu baik secara mulut maupun tertulis.

- Kemapuan numerik; kemampuan dalam melakukan perhitungan angka.

- Kemampuan logis; kemampuan pada melakukan penalaran secara runtut dan sistematis.

- Kemampuan Analistis; kemampuan buat menganalisa suatu perkara secara sistematis.

3. Tes Karakteristik Pribadi (TKP); TKP bertujuan buat melakukan evaluasi berdasarkan segi :

- Integritas diri.

- Semangat Berprestasi.

- Kreativitas & penemuan.

- Kemampuan menyesuaikan diri.

- Orientasi pada pelayanan.

- Kemampuan mengendalikan diri.

- Kemampuan bekerja sama dalam gerombolan .

- Kemampuan mengkoordinir orang lain.

Sementara SKB merupakan singkatan menurut Seleksi Kompetensi Bidang, pada seleksi ini materi baik itu berupa psikotes & wawancara, ditetapkan oleh pembina jabatan fungsional. Adapun materi aplikasi ditetapkan oleh instansi yg membidangi urusan jabatan, artinya seleksi SKB ini merupakan seleksi proses ke 2 jika mana kita telah dinyatakan lulus menurut seleksi kompetensi dasar, proses SKB ini lebih ke pemahaman kita mengenai bidang yang kita lamar tersebut.

Demikian sedikit admin berbagi tentang istilah-kata yg sering muncul dalam proses seleksi penerimaan CPNS 2019, dengan begitu maka kita bisa memahami mulai dari mana kita mempersiapkan diri guna menghadapi proses seleksi CPNS 2019 ini, semoga artikel ini berguna buat pembaca seluruh, terima kasih.

Sumber :

- Buku CAT BKN - bkn.go.id

- Buku Super diktat CPNS 2019-2020 - Grasindo

Comments
0 Comments

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Kesediaannya untuk Berkomentar pada Blog ini. Saya Sangat menghargai Setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik sekiranya dapat Membangun Blog ini Agar Lebih Baik Lagi Kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar berbau unsur:
- Sara
- No Spam !!! [banyak sobat berkomentar di blog ini yang dianggap Spam, jadi maaf jika ada pesan sobat yang tdk dibalas / tdk Muncul]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat.