[CARA] porting rom mt6582 sesama chipset

cara porting rom sesama chipset mediatek mt6582

Kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman pribadi, hasil dari googling dan mengimplementasikan sendiri ke perangkat saya, bagaimana cara porting rom sesama chipset, cara ini untuk porting rom sesama chipset, apabila kalian ini porting rom beda chipset ata crossport, bisa kalian lihat caranya disini. dalam hal ini saya menggunakan chipset mt6582 dengan kernel 3.4.67. untuk versi android 7.1.2, Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat akan melakukan porting rom ke hp kita, diantaranya :

Hal yang perlu diketahui :

1. Pastikan dulu model chipset hp kita. Karena kita akan melakukan porting rom bukan crossport (mt6582 <> mt6582)

2. Pastikan versi kernel hp (3.4.67 <> 3.4.67)

3. Base rom  (AOSP <> AOSP , LineageOS <> Lineage OS)

4.  Versi android (7.1.2 <>7.1.2)

5. Resolusi hp kita.

Jika hal tersebut telah jelas, maka kita masuk ke tahap persiapan, buat itu siapkan dua Rom yg akan kita porting. Satu menjadi rom base dimana rom ini merupakan rom normal yang sudah dilakukan tes/ atau sudah berjalan normal di hp kita, dan satu lagi rom port, atau rom yang akan kita porting/ jalankan di hp kita.

Langsung saja buat langkah-langkahnya sbb :

Cara Porting ROM Sesama chipset mt6528

1. Ekstrak kedua rom tersebut, buat rom base simpan ekstrakannya & buatkan folder menggunakan nama BASE, & buat arsip port, buatkan folder menggunakan nama PORT.

2. Masuk ke folder sistem PORT di folder ETC, hapus folder FIRMWARE, BLUETOOTH, WIFI, dan copy folder yang sama dari system BASE ke posisi yang sama (system>etc>disini).

3. Masuk ke folder system BASE difolder lib>hw,  cari dan copy semua file yang ada sensornya (sensor.default.so - sensor.mt6582 - sensor.godfish),  paste dan replace file tersebut di folder yang sama di difolder PORT (system>lib>hw).

4.  Lalu dengan cara yang sama, masuk ke folder system  BASE (system>lib), cari dan copy file  :

- libaudio.Primarydefault.So

- libbluetoth.So

- libcameracustom.So

- libcamlago.So

- libcamdrv.So

- libmali.So

Paste dan replace file tersebut di folder system PORT (system>lib>disini).

5. Masih dengan cara yang sama, masuk lagi ke folder system BASE di folder usr>keylayout, cari dan copy file generic.kl, paste dan replace di folder system PORT (system>usr>keylayout>disini).

6.  Sekarang masuk ke folder system PORT, edit build.prop dengan menggunakan notepad ++, cari bagian teks berikut :

- ro.Product.Contoh='ganti dengan contoh/ seri hp kalian'

- ro.Product.Bran='ganti dengan merk/ merk hp kalian'

- ro.Sf.Lcd_density='ganti dengan resolusi hp kalian, buat standart biasanya 200 atau 220'

7. Sekarang sudah selesai untuk tahap porting folser system, selanjutnya copy file boot.img dari folder BASE dan replace di folder system PORT. jika kalian ingin port boot.img, kalian bisa lihat disini (cara porting boot.img)

8. Jika semuanya sudah diyakini selesai seperti tahapan diatas, sekarang silahkan pack kembali PORT folder  tersebut (folder system, boot.img dan folder META-INF), dengan menggunakan winRAR atau aplikasi pack lainnya dengan ekstension zip.

9. Setelah terselesaikan maka akan ada file zip tersebut, dan silahkan pada Install/ Flash melalui recovery mode (TWRP) di hp kalian.

Jika hp kalian berhasil booting kemenu berarti kalian sudah berhasil melakukan porting rom sesama chipset, kini saatnya melakukan pengecekan kinerja system tadi apakah ada perkara (BUGS) atau nir, buat fix bugsnya silahkan kalian cari referensi pada google, lantaran ada poly cara buat fix bugs rom mediatek tersebut.

Demikianlah tutorial singkat mengenai cara porting rom sesama chipset di mediatek, buat tutorial crosport mediatek akan saya share lagi nanti. Terima kasih.

Untuk yang ingin porting tetapi tidak memiliki PC atau laptop, silahkan mampir ke situs POSITIVEBEER INTERNET, yang menjelaskan tentang cara porting rom tanpa PC.

Credit :

- theAsk (porting for mt6582)

- ramarizal 'cara porting rom sesama mt6582'

Comments
0 Comments

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Kesediaannya untuk Berkomentar pada Blog ini. Saya Sangat menghargai Setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik sekiranya dapat Membangun Blog ini Agar Lebih Baik Lagi Kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar berbau unsur:
- Sara
- No Spam !!! [banyak sobat berkomentar di blog ini yang dianggap Spam, jadi maaf jika ada pesan sobat yang tdk dibalas / tdk Muncul]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat.