Fix bugs kamera di mt6582 setelah porting rom

fix camera mt65xx

Admin kali ini akan membahas sedikit mengenai how to fix camera after porting rom atau bagaimana cara untuk memperbaiki bugs pada kamera setelah porting mtk dalam hal ini mt6582, sampai disini admin berasumsi bahwa kalian telah sukses melakukan porting rom mt65xx dan booting, karena kalian sudah mencari cara untuk melakukan fix bugs terutama untuk camera. Jika belum silahkan kalian lihat artikel cara porting rom sesama chipset atau cara crossporting beda chipset mt65xx, serta artikel port boot img.

Kenapa admin kali ini bahas khas buat kamera? Karena bugs ini yang paling tak jarang timbul dalam waktu melakukan porting rom mtk, hal tersebut terjadi lantaran driver hardware kamera pada setiap device itu tidak selaras. Tergantung resolusi dan banyak hal.

how to fix camera on mediatek mt6582 - mt6592
Bugs kamera sehabis porting rom mtk

Admin akan membedakan sebagai 2 pembahasan, antara fix kamera based AOSP dan based CM/ LineageOS 14.X, atau android 7.X

Tips ini admin ambil berdasarkan pengalaman sendiri ketika melakukan fixing bugs terutama kamera, selesainya membaca berbagai macam surat keterangan pada beberapa forum internet seperti xda & 4pda. Untuk memperbaiki atau fix kamera, cukup kalian ganti arsip-arsip library berdasarkan folder lib menggunakan merogoh berdasarkan base rom yang sudah teruji pada perangkat kalian, kalian tidak perlu menghabiskan ketika buat mengecek pada folder bin, etc, vendor, app, atau yang lain karenanya tidak akan berhasil, relatif kalian mengutak-atik pada lib file perangkat kalian, satu lagi terkhusus buat boot.Img silahkan kalian cek pada line camera file ini.Mtxxx.Rc buat setelan kamera.

Fix kamera buat based AOSP

Untuk mengatasi bugs kamera pada AOSP based seperti green kamera, kamera tidak konek. File yang anda butuhkan yaitu file lib libfeatureio.so tanpa file itu kamera tidak akan berfungsi.

Untuk rom menggunakan base AOSP arsip-arsip yg perlu kalian perhatikan yaitu menjadi berikut.

Di folder lib>hw :

camera.Default.So

camera.Mtxx.So

Difolder lib

lib3a.solibcamalgo.so
libcam.camadapter.solibcam.campipe.so
libcam.camshot.solibcam.client.so
libcam.device.solibcamdrv.so
libcamerandk.solibcamera_client_mtk.so
libcamera_client.solibcameracustom.so
libcamera_metadata.solibcameraservice.so
libcam.exif.solibcam.halsensor.so
libcam_hwutils.solibcam_mmp.so
libcam.paramsmgr.solibcam_platform.so
libcam.utils.sensorlistener.solibcam_utils.so
libcam.utils.solibdpframework.so
libdrmmtkutil.solibdrmmtkwhitelist.so
libfeatureio.solibFFmpegExtractor.so
libimageio_plat_drv.solibimageio.so
libJpgDecPipe.solibJpgEncPipe.so
libm4u.solibmnc.so
libmpodecoder.solibmpoencoder.so
libmsbc_mtk.solibmtk_drvb.so
libmtkjpeg.solibmtklimiter.so
libmtk_mali_user.solibMtkOmxCore.so
libMtkOmxVdec.solibMtkOmxVenc.so
libmtkplayer.solibmtkshifter.so
libvcodecdrv.solibvcodec_utility.so

Itu beberapa arsip library yg herbi kamera pada based AOSP, Silahkan pada cek, tanpa file-arsip tadi meskipun kamera berfungsi, kemungkinan tidak akan stabil, seperti tekadang kamera force close atau kadang ngelag saat digunakan. Jadi silahkan di cek balik buat arsip-arsip tadi, untuk lebih baiknya kalian ambil arsip-arsip tersebut dari base CM/LOS kalian yg normal.

Fix kamera buat based CM/ LineageOS

Untuk rom dengan based CM atau LineageOS, file yang perlu kalian perhatikan yaitu mengganti file libui.so , karena tanpa file itu kemungkinan kamera tidak akan bisa berfungsi, Ambil file tersebut dari based LOS yang berfungsi dengan perangkat kalian, jika kalian mengambil dari based AOSP, kemungkinan perangkat kalian akan bootlop.

Untuk file libfeaturei.so jika anda mengambilnya dari based LOS, maka kamera tidak akan konek atau muncul pesan “it is impossible to connect the camera”

Berikut beberapa arsip lib based LOS yang herbi kamera dan perlu kalian perhatikan.

Di folder lib>hw :

camera.Default.So

camera.Mtxx.So

Difolder lib

lib3a.so

libcamalgo.so

libcam.camadapter.so

libcam.campipe.so

libcam.camshot.so

libcam.client.so

libcam.device.so

libcamdrv.so

libcameran2dk.so

libcamera_client_mtk.so

libcamera_client.so

libcameracustom.so

libcamera_metadata.so

libcameraservice.so

libcam.exif.so

libcam.halsensor.so

libcam_hwutils.so

libcam_mmp.so

libcam.paramsmgr.so

libcam_platform.so

libcam.utils.sensorlistener.so

libcam_utils.so

libcam.utils.so

libdpframework.so

libFFmpegExtractor.so

libimageio_plat_drv.so

libimageio.so

libJpgEncPipe.so

libm4u.so

libmnc.so

All file libstagefright*.so

libui.so

libvcodecdrv.so

libvcodec_utility.so

Itulah beberapa konsep file yang dari admin selalu berhubungan denga kamera & media player lainnya. Adapun menjadi catatan tersendiri tentang rekanan atau interaksi ketergantungan antar arsip lib sbb :

Jika kalian mengubah file lindpframework.So kalian pula harus membarui libm4u.So, jika nir maka kamera atau proses download akan bermasalah.

Jika kalian mengganti arsip libui.So, kalian jua harus mengganti arsip libutils.So, karena terkadang hal ini menyebabkan bootlop.

Itulah sedikit tips mengenai fix bugs buat kamera di chipset mtk mt6582 yg perlu kalian perhatikan, sekali lagi dibeberapa masalah yang admin lakukan hal ini bisa sukses buat fix kamera green dan kamera nir konek. Semoga bermanfaat & terima kasih.

Comments
0 Comments

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Kesediaannya untuk Berkomentar pada Blog ini. Saya Sangat menghargai Setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik sekiranya dapat Membangun Blog ini Agar Lebih Baik Lagi Kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar berbau unsur:
- Sara
- No Spam !!! [banyak sobat berkomentar di blog ini yang dianggap Spam, jadi maaf jika ada pesan sobat yang tdk dibalas / tdk Muncul]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat.