Mengenal Paragraph Styles Adobe InDesign

Langkah 1 - Atur jenis font & berukuran goresan pena

Masukkan tulisan sesuai keinginan kamu. Kemudian aturlah pilihan font-nya. Buka panel "Character" dengan menekan Ctrl+T. Seperti contoh, saya menggunakan font Myriad Pro, style Regular, dengan ukuran 9 pt.

Selanjutnya, buka panel "Paragraph" dengan menekan Ctrl+Alt+T. Pastikan kotak text aktif, atau tulisan terseleksi semua supaya bisa diatur paragrafnya. Kemudian tentukan pengaturan paragraf sesuai seleramu. Seperti contoh, saya menggunakan "Left Justify" atau paragraf yang rata dengan garis terakhir rata kiri, dan dengan setting First line left indent (lekuk garis pertama/alinea) 7 mm.

Langkah dua - Buat Paragraph Style

Setelah pengaturan paragraf selesai, saatnya menciptakan "Paragraph Styledanquot; baru. Seleksi beberapa kalimat saja. Kemudian buka panel "Paragraph Styledanquot; menggunakan menekan F11. Tekan icon pada bawah panel buat membuat paragraph style baru.

Langkah 3 - Buatlah Judul dan buatkan paragraph style jua

Masukkan judul artikelmu. Aturlah jenis font & ukurannya. Pada model ini saya menggunakan font Minion Pro style Regular, dengan berukuran 18 pt buat frasa "Balinese Dancedanquot; & 30 pt buat frasa "The Magical Movesdanquot;.

Seperti langkah angka dua tersebut, saya seleksi masing-masing frasa buat kemudian dijadikan paragraph style baru. Pada frasa "Balinese Dance" saya seleksi kemudian saya buatkan parafraph style menggunakan nama "Judul Kecil". Sedangkan "The Magical Movesdanquot; saya jadikan paragraph style menggunakan nama "Judul Besar"

Langkah 4 - (Opsional) Masukkan foto

Sekadar pelengkap, saya akan memasukkan foto ke dalam halaman. Caranya, gunakan "Rectangle Frame Tool (shortcut: F), buatlah frame atau kotak untuk ruang gambar, sesuai selera. Setelah itu, tekan Ctrl+D untuk mengambil file gambar di folder kamu.

Masukkan salah satu foto. Pertama ketika memasukkan gambar, mungkin gambarnya terlihat diperbesar. Supaya tidak ribet mengatur ukurannya lagi, klik kanan gambar tersebut kemudian pilih "Fitting> Fit Content Proportionally (atau shortcut Alt+Shift+Ctrl+E)."

Sekarang gambar mungkin sudah mengecil, tapi ternyata tidak memenuhi ruang frame yang dibuat tadi. Kembali klik kanan, pilih "Fitting> Fill Frame Proportionally atau shortcut Alt+Shift+Ctrl+C)" supaya gambar memenuhi frame.

Langkah 5 - Masukkan teks lain

Kini saatnya mencicipi manfaat dari paragraph style. Pertama, masukkan dulu tulisan lain, taruh di area kosong dalam laman. Pada contoh, engkau bisa melihat font yg terpasang ad interim adalah font serif Minion Pro, yg pada model ini, bukan font yg kita pakai untuk bagian isi. Lantaran yang kita pakai buat bagian isi adalah Myriad Pro Regular berukuran 9 pt.

Nah bagaimana biar sama? Kini kamu tinggal buka panel Pragraph Style (tekan F11), kemudian klik "Isi" maka otomatis paragraf tersebut telah berubah font berikut ukurannya.

Mudah sekali bukan? Selanjutnya, kamu bisa lakukan proses yang mirip untuk bagian judulnya.

Silahkan kembangkan cara sederhana tadi untuk mempercepat pengerjaan desain layout sekaligus untuk hasil yang rapi dan konsisten, seperti contoh di bawah ini.

Comments
0 Comments

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Kesediaannya untuk Berkomentar pada Blog ini. Saya Sangat menghargai Setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik sekiranya dapat Membangun Blog ini Agar Lebih Baik Lagi Kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar berbau unsur:
- Sara
- No Spam !!! [banyak sobat berkomentar di blog ini yang dianggap Spam, jadi maaf jika ada pesan sobat yang tdk dibalas / tdk Muncul]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat.