Kombinasi Terbaik X570 Aorus Master, Ryzen 9, dan NVMe SSD Aorus Gen 4

Kombinasi Terbaik X570 Aorus Master, Ryzen 9, & NVMe SSD Aorus Gen 4

Posted by Elliot Mayot

Saturday, February 22, 2020

Motherboard adalah komponen yang sangat penting sebenarnya, terutama bagi mereka para overclocker. Nah pada artikel kali ini gue akan membahas tiga komponen personal komputer terbaru yg akan gue uji performanya, yaitu motherboard Aorus Master X570, SSD NVME Gen 4 berdasarkan Aorus, & jua Processor Ryzen 9. Aorus Master X570 merupakan motherboard menggunakan chipset X570, yg merupakan salah satu flagshipnya motherboard Aorus. Apakah motherboard ini sebagai yg terbaik apabila disandingkan menggunakan Ryzen 9 ?

Kombinasi Terbaik X570 Aorus Master, Ryzen 9, & NVMe SSD Aorus Gen 4

Oke Cuy jumpa lagi dengan saya ElliotMayot di elliotmayot.Blogspot.Com. Bagi kalian yang baru datang, elliotmayot.Blogspot.Com merupakan blog yg berisi mengenai Komputer, Laptop, Trik dan Tips seputar teknlogi. Bagi kalian yg sedang butuh kabar dan tutorial datanglah ke elliotmayot.Blogspot.Com karena anda akan menemukan banyak ilmu disini, oke? SELAMAT MEMBACA.

Si Aorus Master ini lebih fokus ke durabilitas VRM-nya. Meskipun kita telah sama-sama tahu mungkin dari luarnya jika kalian lihat, motherboard ini mempunyai segudang fitur yang tidak mengecewakan banyak juga, beserta gimik-gimik yang di berikan Gigabyte atupun Aorus. Peningkatan jumlah core dalam AMD Ryzen generasi ke tiga membuat para vendor motherboard harus mendesain VRM yg cukup tinggi standarnya.

Tentunya Aorus Master X570 ini ditujukan kepada kalian yang ingin memakai CPU 12 core atau 16 core menurut Ryzen. Yaitu Ryzen 9 3900X atau Ryzen 9 3950X. Motherboard ini mempunyai direct 14 power face digital, 12 face buat CPU v-core, dan 2 face untuk SoC. Tentu desain VRM seekstrim ini bertujuan buat mengangkat jumlah core yang banyak.

Yang dimana semakin poly core, pastinya akan semakin banyak pula power yg dibutuhkan. Di X570 Aorus Master pula terdapat 2x8 pin untuk power CPUnya. Kalian permanen mampu memakai motherboard ini dengan 1x8 pin saja. 2x8 pin akan sangat membantu bila kalian akan melakukan overclocking tingkat lanjut.

Selain desain VRM yg mumpuni, Aorus pula menginginkan VRM motherboard ini permanen mempunyai suhu yang adem. Karena meskipun VRM-nya bisa, jika suhunya terlalu tinggi juga akan mengurangi durabilitas menurut motherboard & CPUnya itu sendiri. Solusi pendinginnya ada heat sink & heat pipe yg eksklusif direct ke VRM-nya. Ini juga telah dilengkapi menggunakan thermal pat.

Pastinya, lantaran motherboard ini memakai chipset X570 jadinya kita sudah bisa mencicipi yg namanya PCIe Express Generasi ke 4 yang di mana buat saat ini kita telah sanggup menikmati NVMe SSD generasi ke 4. Dan pula GPU terbaru yg telah mendukung PCIe Express generasi ke 4 galat satunya AMD Radeon RX5700. Slot PCIe Express di sini pula sudah tercover metal, sangat diwajarkan mengingat harga motherboard ini tidak murah.

Kalau kita lihat IO portnya pun super lengkap terdapat 2 LAN Gigabit & 2,lima Gigabit, terus WiFi di sini juga telah WiFi 6 alias 502.11AX. Bagi kalian yang senang overclocking pula telah dimanjakan dengan tombol instan clear CMOS pada bagian belakang, lalu ada QFlas buat instan flash BIOS. Selain itu, masih ada jua indikator pause code, tombol power, & tombol reset.

Di sebelahnya terdapat 4 slot DDR4 dual channel dianggap di website Aorus bahwa motherboard ini sanggup menjalankan memory sampai 4400 MHz. Tentunya buat mencapai speed tersebut diharapkan memory yg sempurna dan setting yg tepat. Di sini gue menjalankan memorynya dikecepatan 3600 MHz.

Terdapat 3 slot M.2 ketiga-tiganya sudah mendukung PCIe Express Generasi ke 4 & sudah dilengkapi dengan heat sink. Gue jua sempat ngetes slot M.Dua tersebut menggunakan NVMe SSD Aorus Gen 4. SSD tadi sudah terpasang heat sink yg relatif tebal. Kecepatannya pun bener-bener stabil menggunakan sequence read 5 Gbps & write 4,2 Gbps.

Tampilan BIOS berdasarkan X570 Aorus Master ini masih belum poly berubah. Terlihat relatif klasik menggunakan setting yg sangat mendetail. Nah buat pengujiannya kita pasangkan motherboard ini dengan Ryzen 9 3900X. Pengujian yg relatif simpel dengan hanya menjalankan stres test kemudian mengecek suhu VRM-nya misalnya apa.

Dan berikut adalah hasil dari pengujiannya.

Selebihnya menurut motherboard ini sudah dikemas secara estetik. Mulai dari motherboardnya yang hampir penuh tercover, dan sudah masih ada RGB-RGBan. Tentunya X570 Aorus Master ini cocok buat pengguna yg berencana rakit PC menggunakan Ryzen 9 12 core atau 16 core. Agar menerima performa yg lebih aporisma dengan keadaan komponen yang sehat.

Oke itulah artikel dari ElliotMayot yang berjudul Kombinasi Terbaik X570 Aorus Master, Ryzen 9, & NVMe SSD Aorus Gen 4.  Buat kalian yang mau artikel-artikel menarik dan informatif lain dari ElliotMayot silahkan share artikel ini agar ElliotMayot lebih sering dan semangat lagi dalam membuat artikel. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, matur suwun and bai-bai.

Kombinasi Terbaik X570 Aorus Master, Ryzen 9, & NVMe SSD Aorus Gen 4

4/ lima

Ditulis Elliot Mayot

Comments
0 Comments

Terima Kasih Atas Kunjungannya dan Kesediaannya untuk Berkomentar pada Blog ini. Saya Sangat menghargai Setiap Komentar, Masukkan, Saran, dan Kritik sekiranya dapat Membangun Blog ini Agar Lebih Baik Lagi Kedepannya. Berkomentarlah sesuai dengan Isi Bahasan Artikel. Mohon dengan Sangat Kepada Sobat-sobat untuk tidak berkomentar berbau unsur:
- Sara
- No Spam !!! [banyak sobat berkomentar di blog ini yang dianggap Spam, jadi maaf jika ada pesan sobat yang tdk dibalas / tdk Muncul]
Terima Kasih atas Kunjungannya Sobat.